Gausah Panik, Ini Cara Membuka Laptop yang Terkunci

Laptop dan peralatan elektronik lainnya memang sebaiknya dikunci agar tak sembarang orang bisa mengakses. Apalagi jika di dalamnya terdapat data penting dan bersifat rahasia. Sayangnya terkadang ada dari mereka yang lupa terhadap password yang telah dibubuhkannya. Kali ini anda tak perlu merasa khawatir atau panik. Ada beberapa Cara Membuka Laptop yang Terkunci dengan mudah. Pastikan bahwa anda melakukan cara-cara ini dengan benar.

Laptop yang terkunci dan kita yang butuh akses cepat memang membuat panik dan terkadang salah memasukkan password. Kalaupun ternyata anda melupakan password yang pernah digunakan, berikut adalah beberapa cara dalam membuka laptop yang terkunci. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Membuka Laptop yang Terkunci
1. Log In Menggunakan Safe Mode
Salah satu cara membuka laptop yang terkunci adalah log in menggunakan safe mode. Karena nantinya untuk bisa membuka kembali password yang anda lupa, cara ini tergolong mudah meski harus menggunakan built in adminstrator. Adanya alat yang satu ini membuat kita bisa membuka laptop tanpa harus memasukkan password. Caranya adalah nyalakan laptop dan tekan F8 ketika dalam mode booting. Nantinya akan ada tampilan advanced boot options pada layar, pilih menu safe mode dan tekan enter.

Pilih adminstrator dan jika laptop sudah berhasil masuk dalam posisi safe mode maka klik start kemudian pilih control panel. Nantinya anda akan masuk pada menu all control panel items, klik user accounts, klik manage another account dan klik change the password. Restart laptop dan jalankan seperti biasa. Kita bisa memasukkan password baru pada akun yang terkunci.

2. Menggunakan Akun Adminstrator
Cara lainnya bisa membuka password dengan menggunakan akun adminstrator. Terutama untuk laptop dengan sistem operasi windows 7. Caranya, ketik lusrmgr.msc pada menu start, nantinya anda akan masuk ke local users and groups. Klik users, klik kanan yang ada pada akun dan terlihat di sisi kanan kemudian pilih set password. Klik proceed, ketika password yang baru dan klik ok. Cara membuka laptop yang terkunci dengan cara ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Menggunakan Cara Manual
Tanpa menggunakan aplikasi apapun, ada cara membuka laptop yang terkunci dengan mudah. Cara ini harus diperhatikan dengan baik. Masukkan disk kosong pada laptop, buka control panel, klik create a system repair disc dan klik troubleshoot. Jika sudah pada tahap ini, anda bisa klik advanced options, klik command prompt kemudian masukkan perintah satu persatu pada partisi tersebut.
Masukkan nama sesuai dengan nama pengguna kemudian bubuhkan password yang baru. Anda bisa mengkonfirmasi password ini dengan memasukkan password yang baru. Klik exit, log in lagi ke laptop anda menggunakan password baru yang sudah dibuat.

4. Menggunakan Reset Password Flashdisk
Jika pada cara sebelumnya tidak berhasil, anda bisa mencoba cara membuka laptop yang terkunci yang satu ini. Gunakan file userkey.psw yang diletakkan di bagian eksternal seperti disk ataupun flashdisk. Tetapi untuk memudahkan dan juga kelancaran kita bisa menggunakan falshdisk sebagai alat agar bisa memasukkan file eksternal tersebut dengan cara colokkan flashdisk ketika laptop proses log in, ikuti wizard seperti biasa, klik next, removable disk, masuk password dan klik  yes. Tunggu proses selesai kemudian anda bisa membuka laptop dengan password baru.

Seringkali para pengguna merasa panik bagaimana membuka laptop yang terkunci. Padahal, cara membuka laptop yang terkunci ini bisa dengan beberapa cara yang disebutkan pada ulasan ini. Pilih manakah cara yang menurut anda paling mudah.