9 Manfaat Kesehatan Di Balik Pahitnya Temulawak

Temulawak mempunyai nama latin Curcuma Xanthorrizha ini dikenal sebagai salah satu bahan dalam pembuatan jamu. Walaupun mempunyai rasa yang tidak enak, tetapi berbagai macam manfaat pun bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi temulawak. Sebagian orang hanya mengetahui tentang manfaat temulawak sebagai penambah nafsu makan, terutama untuk anak-anak. Tetapi perlu anda ketahui, manfaat temulawak bukan hanya sebatas penambah nafsu makan saja. Tetapi manfaat temulawak untuk kesehatan sangat luas, dan tentu saja manfaat temulawak tersebut sangat baik untuk tubuh anda.

Tetapi sebelum anda mengetahui tentang manfaat temulawak terutama untuk kesehatan, ada baiknya anda anda mengetahui tentang kandungan yang terdapat dalam temulawak. Beberapa kandungan yang terdapat dalam temulawak antara lain pati, protin, abu, serat, kurkumin, phelandrean, minyak atsiri, dan lain-lain. Dimana semua kandungan dalam temulawak tersebut, sangat baik untuk kesehatan anda.

Berikut beberapa manfaat temulawak terutama untuk kesehatan yang perlu anda ketahui, antara lain :
1. Menjaga fungsi hati
manfaat temulawak yang pertama yaitu dapat menjaga fungsi hati anda. Dengan mengkonsumsi temulawak, hati anda akan bekerja lebih optimal. Manfaat temulawak ini akan membuat hati anda bekerja untuk menghasilkan empedu, selain itu juga dapat mencegah anda mengalami penyakit hati atau liver.

2. Mengobati penyakit jantung
Untuk mengobati penyakit jantung yang bisa saja anda derita, anda bisa menggunakan temulawak untuk mengobati penyakit jantung. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan temulawak, akan membantu kerja jantung anda. Manfaat temulawak untuk mengobati penyakit jantung juga sudah dikenal sejak dulu, dan dipercaya menjadi obat penyakit jantung yang mujarab.

3. Menjaga kesehatan ginjal
Kandungan minyak atsiri dalam temulawak sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal anda. Minyak atsiri juga akan mencegah anda mengalami gangguan yang biasa terjadi pada ginjal seperti gagal ginjal, batu ginjal, ataupun peradangan pada ginjal. Yang semua gangguan tersebut, adalah jenis penyakit yang sangat membahayakan untuk kesehatan anda.

4. Menurunkan kolesterol
Manfaat temulawak yang berikutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh, bisa menjadi penyebab datangnya berbagai macam penyakit yang berbahaya. Manfaat temulawak untuk menurunkan kolesterol, karena di dalam temulawak terdapat kandungan kurkuminoid yang dapat melarutkan lemak dalam darah.

5. Mencegah kanker
Temulawak juga mempunyai sifat antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas, dengan begitu anda bisa terhindar dari penyakit kanker. Antioksidan ini nantinya akan membunuh sel-sel kanker yang berasal dari radikal bebas.

6. Mencegah asam urat
Manfaat temulawak juga baik untuk mencegah penyakit asam urat. Penyakit asam urat sendiri adalah penyakit yang menyerang bagian persendian. Kandungan kurkumin dalam temulawak, mampu mengurangi rasa nyeri serta peradangan yang terjadi di bagian persendian.

7. Memperbaiki fungsi pencernaan
Kandungan serbuk rimpang dalam temulawak berperan dalam meningkatkan aktifitas cairan dalam lambung. Sehingga dapat meningkatkan metabolisme pencernaan anda, yang membuat anda bisa terhindar dari berbagai macam masalah di system pencernaan.

8. Menjaga kebugaran tubuh
Manfaat temulawak juga bisa menjaga kebugaran tubuh anda. Temulawak mengandung borneol, dan borneol ini adalah nutrisi yang mempunyai manfaat untuk memulihkan kesehatan tubuh anda setelah sembuh dari penyakit.

9. Menambah nafsu makan
Menambah nafsu makan merupakan manfaat temulawak yang sangat ampuh. Kandungan temulawak yaitu minyak atrisi yang bersifat karminatvium, yang mampu menambah nafsu makan terutama untuk putra-putri anda yang susah untuk makan.
Itulah beberapa manfaat temulawak, dan sebaiknya anda tidak mengkonsumsi temulawak secara berlebihan dan dalam waktu yang lama. Karena dapat menyebabkan mual dan iritasi pada lambung.